Sunday, August 28, 2016

Maskapai Ini Hadirkan Pramugari Putra-Putri Asli Papua

KABARPAPUA.CO, Kota Jayapura – Maskapai Sky Mambruk Internasional (Smile) berjanji akan mengutamakan putra-putri asli Papua untuk dididik menjadi pramugari dan pramugara di dalam maskapainya. Tentu saja, sejumlah persyaratan harus diikuti oleh putra dan putri asli Papua yang ingin mendaftarkan dirinya.

Direktur Utama PT Sky Mambruk Internasional, Toenjes Swansen Maniagasi menuturkan, dari jatah 200 pramugari, ada 100 orang pramugari dan pramugara yang dikhususkan untuk putra dan putri asli Papua.

“Ini sangat menggembirakan. Kami akan membuka peluang sebesar-besarnya bagi anak asli Papua yang bercita-cita menjadi pramugari atau pramugara,” katanya, MInggu 28 Agustus 2016.

Sementara itu, Ester Maitindom, salah satu perwakilan dari EL Foja Managemen mengungkapkan, kerjasama perekrutan bagi pramugari dan pramugara di Sky Mambruk Internasional akan dilakukan secara profesional.

“Maksud dari anak asli Papua disini adalah anak asli Papua dari ayah dan ibu Papua, atau peranakan Papua dan anak yang lahir dan besar di Papua. Syarat-syarat tersebut dibuktikan dengan akta kelahiran,” jelas Ester.

Menurut Ester, pembukaan perekrutan akan dilakukan dalam minggu ini dan dilakukan di dua provinsi yakni Papua dan Papua Barat.

Smile dijadwalkan akan memulai penerbangan barunya ke sejumlah daerah di Papua dan Papua Barat. Kelebihan maskapai ini adalah menggratiskan penerbangan di hari minggu, khusus dokter, pendeta, tokoh agama, perawat, guru dan pasien rujukan lainnya.

Kelebihan lain yang dimiliki maskapai ini adalah menggunakan pesawat jenis Twin Otter seri 400 buatan 2012. Apalagi saat ini ada peraturan khusus dari Menteri Perhubungan yang tak membolehkan pesawat berumur lebih dari 30 tahun untuk diterbangkan.

Smile mengaku telah memiliki pilot dengan jam penerbangan tinggi di Papua. Walau begitu, pihaknya tetap akan bekerja sama dengan Asosiasi Pilot Papua, untuk merekrut pilot-pilot asli Papua.

Tak hanya melayani angkasa di Papua, tetapi Smile juga memiliki misi penerbangan domestik ke luar Papua dan penerbangan internasional. *** (Katharina Louvree)

No comments:

Post a Comment