Wednesday, April 19, 2017

Hercules masuk Dekai, Abock: ini hadiah Paskah untuk masyarakat Yahukimo


\

Dekai, Jubi – Tepat setahun kepemimpinan Bupati Abock Busup, MA dan Wakilnya Yulianus Heluka, SH pada 15 April 2017, masyarakat Yahukimo disuguhi tambahan satu maskapai penerbangan, Pesawat Hercules seri A-1332.

Pesawat milik TNI AU itu nantinya melayani penumpang dan kargo dengan rute Timika-Dekai-Merauke-Wamena, yang resmi telah dilakukan dengan terbang perdananya pada Sabtu (15/4/2017).

Bupati Abock Busup mengatakan masuknya pesawat tersebut menjadi hadiah istimewa bagi masyarakat Yahukimo yang sedang merayakan Paskah dan bersamaan dengan perayaan setahun Abock-Yulianus, tepat pada Sabtu, pekan lalu.

“Ini (masuknya Hercules) menjadi hadiah khusus bagi kami dan masyarakat Yahukimo di suasana Paskah saat ini dan juga tepat hari ini adalah satu tahun usia kami mempimpin Yahukimo,” kata Bupati Abock Busup pada Lounching Pesawat Hercules di Bandara Nop Goliat Dekai, Sabtu, (15/4/2017).

Sabtu itu, sekitar pukul 10.15 waktu Papua, pesawat Hercules milik TNI AU, berwarna abu-abu, mendarat di Bandar Udara Nop Goliat, dibawah pimpinan Komandan Lanud Jayapura Kolonel Erwan Adrian bersama seorang kapten dan empat kru lainnya.

Pendaratan perdana tersebut disaksikan dan disambut Bupati dan wakil bupati beserta unsur pimpinan daerah lainnya dan ratusan masyarakat di kota Dekai.

Komandan Pangkalan Udara Jayapura Kolonel Erwan Adrian, yang memimpin penerbangan perdana tersebut mengatakan akan mendukung perekonomian masyarakat dan ikut mengatasi kesulitan masyarakat dalam hal transportasi angkutan udara. Ia menegaskan, “akan mendukung sepenuhnya permintaan Pak Bupati. Oleh karena itu, kehadiran pesawat Hercules ini menjadi bukti dukungan itu,” ucapnya.

“TNI AU perlu berperan aktif untuk tol udara. Itulah makna TNI AU bersama rakyat yang kehadirannya bisa dirasakan langsung dari aspek pertahanan dan kesejahteraan,” imbunya.

Yonas Lani, pemuda Yahukimo yang ikut menyaksikan masuknya Hercules tersebut mengaku gembira. Pria asal suku Hubla, yang memiliki kampung di Distrik Kurima, itu mengharapkan agar kehadiran pesawat tersebut benar-benar dapat membantu warga Yahukimo dengan harga tiket pesawat yang lebih murah.

“Selama ini kita kan pakai Trigana saja atau Wings… harganya di atas 700 ribu rupiah. Kalau Hercules nanti saya harap lebih murah lagi,” ucap Yonas yang mengaku sering pulang pergi Jayapura-Dekai. (*)

No comments:

Post a Comment